5 Fakta Menarik Seputar Sumatera Barat

Senin, 19 Juni 2017   1115

5 Fakta Menarik Seputar Sumatera Barat - Jika sudah bicara mengenai Sumatera Barat bakal tidak ada habisnya, Benarkah demikian ? ya, salah satu provinsi yang ada di pulau Sumatera ini sangat terkenal dengan kuliner, dan adat budayanya yang sangat kental. Salah satu buktinya adalah rendang, yaitu salah satu makanan sangat terkenal , bahkan terkenalnya sampai ke mancanegara. Tidak hanya itu, masih banyak lagi fakta menarik lainnya seputar Sumatera Barat, apakah itu ? berikut penjelasannya :

1. Jam Gadang Bukittinggi, Ternyata hanya 2 Unit di Dunia.
Jam Gadang Bukittinggi, ternyata menara yang telah menjadi landmark Kota Bukittinggi ini juga ada di London Inggris yaitu menara big ben. Kedua menara jam beda negara ini memiliki mesin jam yang dibuat oleh Vortmann Relinghausen. Pabrik pembuat mesin asal Jerman tersebut hanya membuat 2 unit di dunia, satu unit untuk menara jam Big Ben Inggris dan satu lagi untuk Jam Gadang Bukittinggi. Mengagumkan bukan ? jadi gak repot lagi pergi jauh-jauh ke Inggris, cukup datang ke Bukittinggi Sumatera Barat maka Anda akan menemukan kembaran menara jam Big Ben yang mendunia itu.

2. Kota Bukittingi Pernah Jadi Ibukota Negara.
Kota yang mempunyai landmark jam gadang ini pernah menjadi ibukota negara, kota Bukittingi juga melahirkan banyak tokoh dan pahlawan nasional. Kota yang kental dengan adat istiadat ini menjadi ibukota negara pada masa Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) ketika terjadi agresi militer Belanda kedua tepatnya tahun 1948.

3. Rendang Makanan Terlezat di Dunia.
Rendang makanan terlezat di Dunia, siapa yang tidak kenal dengan makanan dari olahan daging, santan kelapa, serta rempah-rempah ini. Rendang dinobatkan sebagai makanan terlezat versi CNN Internasional, rendang mengalahkan 49 makanan terlezat lainnya yang ada di Dunia. Wow, Indonesia pantas berbangga memiliki kuliner spesifik rendang sebagai makanan terlezat dunia nomor satu, mengalahkan makanan top seperti ayam kentucky dari Amerika Serikat, Pizza dan Spaghetti (Italia) ataupun sushi (Jepang).

4. Suku Minangkabau Menganut Sistem Matrilineal.
Suku Minangkabau menganut sistem matrilineal, dimana suku seorang anak diambil dari suku ibunya. Konon katanya sistem matrilineal ini merupakan sistem kekerabatan tertua di dunia. Suku Minangkabau ini juga salah satu yang menganut sistem matrilineal di Indonesia. Berbeda sekali dengan suku batak, suku rejang, dan suku gayo yang menganut sistem kekerabatan patrilineal, yaitu sistem yang juga digunakan oleh bangsa arab.

5. Tato Mentawai Tato Tertua di Dunia.
Tato Mentawai atau dalam bahasa Mentawai titi, konon merupakan tato tertua di dunia, lebih tua dari tato Mesir yang diperkirakan ada sejak 1300 sebelum Masehi. Mentawai sendiri merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sumatera Barat yang letaknya terpisah dengan kota/kabupaten lainya karena terpisah oleh laut. Selain terkenal dengan tatonya Mentawai juga tekenal dengan wisata pantainya, terbukti dengan banyaknya wisatawan mancanegara yang sudah berkunjung kesana. Untuk mengunjungi pulau Mentawai ini kita harus menghabiskan waktu sekitar 2 Jam menggunakan jalur laut dari ibukota Sumatera Barat, kota Padang.

So, bagi wisatawan lokal yang belum pernah, segera datang ke Sumatera Barat. Karena selain kaya dengan kuliner, sejarah, adat budaya, provinsi yang lebih akrab disebut Padang ini juga mempunyai banyak destinasi wisata yang mengagumkan. Bahkan selain pulau Bali, Sumatera Barat merupakan salah satu daerah yang banyak diminati oleh turis mancanegara untuk dikunjungi. (fh)

Share on:

AKUN BELANJA DI MEDIA SOSIAL
riri.rumaisha.tasbranded riri.raisya.gallery riri.raisya.gallery2