(2B2L) Kunci Sukses Dalam Pergaulan

Senin, 18 Juni 2017   1039

(2B2L) Kunci Sukses Dalam Pergaulan - Disenangi dan merasa nyaman dengan orang sekitar kita adalah hal yang didambakan setiap orang. Memang tidak semudah itu bergaul dengan orang lain, dimana setiap orang tersebut memiliki kepribadian dan pola pikir yang berbeda, apalagi orang tersebut baru kita kenal. Namun untuk menciptakan rasanya nyaman tersebut tidak ada salahnya kita berupaya yang memberi contoh dengan tindakan, perilaku atau akhlak yang baik dalam bergaul.

Adapun akhlak yang menciptakan kebaikan dan mendukung kesuksesan kita dalam bergaul diantaranya adalah :

1. Berani mengakui kelebihan dan kebaikan orang lain.
Orang yang sangat mengingat, mengakui kelebihan dan kebaikan orang lain hidupnya akan tenang dan tentram. Walaupun orang lain tersebut beda sifatnya, beda sukunya, bahkan beda agamanya sekalipun, tetapi kalo orang tersebut telah melakukan kebaikan kepada kita, kita harus akui kebaikan tersebut dan berupaya lebih untuk melakukan balas budi. Berani mengakui kelebihan dan kebaikan orang lain merupakan suatu akhlak yang baik dan akan membuat kita semakin merasa nyaman dalam bergaul.

2. Bijak terhadap kekurangan dan kesalahan orang lain.
Disaat kita sendiri punya kesalahan kepada orang lain, sikap apa yang kita inginkan dari orang lain tersebut? Apakah memarahi atau memaafkan kita ?, Apakah membeberkan kesalahan kita atau menutupinya ?, Apakah selalu mengingat-ingat atau melupakan ? . Kalo kita ingin, disaat kita salah diperlakukan seperti apa yang kita inginkan, maka disaat orang lain melakukan kesalahan terhadap kita, kita harus bersikap seperti yang kita inginkan tersebut. Kita harus bijak memaafkan, karena memaafkan sebelum orang lain minta maaf adalah suatu kebaikan. Siapapun yang berbuat salah kepada kita tetap kita tegur, dan tetap kita peringati tetapi dengan cara yang baik tanpa harus menyakiti perasan orang tesebut. Semoga dengan memaafkan kesalahan orang lain dapat meningkatkan kualitas pergaulan kita, memberikan pelajaran kepada kita agar tidak melakukan kesalahan serupa.

3. Lupakan Jasa dan Kebaikan diri sendiri.
Salah satu penyakit yang menghancurkan kebaikan kita adalah disaat kita merasa teralu berjasa kepada orang lain, apalagi selalu mengungkit-ngungkit, membeberkan kebaikan tersebut, bahkan tak jarang dari kita sangat mengharapkan pujian dari orang yang telah kita bantu tersebut. Hal tersebut merupakan perbuatan yang sia-sia, mengapa begitu ? karena bukannya mendapatkan kebahagiaan, ketenangan hidup, malah kita merasa semakin resah dan rugi dengan kebaikan yang telah kita perbuat. Jadi kuncinya adalah lakukan suatu kebaikan dan lupakan kebaikan tersebut, dan begitu seterusnya.

4. Lihat kekurangan dan kesalahan diri sendiri.
Hal yang paling membuat kita nyaman adalah berada dilingkungan yang baik dengan orang-orang yang baik. Jika kita ingin merasakan kebaikan dari lingkungan sekitar, hal apa yang harus kita lakukan? jawabanya adalah dengan melakukan kebaikan. Tidak mungkin kita memberikan kebaikan kepada orang lain jika kita tidak berupaya mengintropeksi diri, terkadang apa yang menurut kita benar belum tentu baik dimata orang lain. Begitu juga jika kita ingin mengubah orang lain menjadi lebih baik , kita harus mencontohkannya dengan kebaikan. Karena orang lain tidak hanya mendengar kata-kata, tetapi juga melihat, dan merasakan apa yang telah kita lakukan. Sehebat apapun kata-kata, sehebat apapun nasehat, jika tidak sesuai dengan apa yang dilaksanakan maka tidak ada nilainya dimata orang lain.

Demikianlah beberapa akhlak atau perilaku yang akan membuat sukses dalam pergaulan. Semoga bermaafaat untuk kita semua dan dapat diterapkan dengan baik dalam kehidupan sehari-hari. (fh)

Share on:

AKUN BELANJA DI MEDIA SOSIAL
riri.rumaisha.tasbranded riri.raisya.gallery riri.raisya.gallery2