A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: fopen(/var/cpanel/php/sessions/ea-php72/ci_sessione0318cf3f62deccbf5dfdf60af87abd0ad851724): failed to open stream: No such file or directory

Filename: drivers/Session_files_driver.php

Line Number: 176

Backtrace:

File: /home/frah5657/public_html/webriri/application/controllers/Home.php
Line: 6
Function: __construct

File: /home/frah5657/public_html/webriri/index.php
Line: 316
Function: require_once

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: session_start(): Failed to read session data: user (path: /var/cpanel/php/sessions/ea-php72)

Filename: Session/Session.php

Line Number: 143

Backtrace:

File: /home/frah5657/public_html/webriri/application/controllers/Home.php
Line: 6
Function: __construct

File: /home/frah5657/public_html/webriri/index.php
Line: 316
Function: require_once

Kunci Sukses Mengikuti SKD CPNS

Kunci Sukses Mengikuti SKD CPNS

Rabu, 28 Januari 2018   563

Kunci Sukses Mengikuti SKD CPNS - Halo teman, gimana kabarnya, mudah-mudahan selalu dalam keadaan sehat walafiat. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi sedikit kiat-kiat agar dapat menyelesaikan Seleksi Kemampuan Dasar CPNS berbasis CAT dengan baik .

Seperti kita ketahui Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) merupakan tahapan yang harus dilalui jika mengikut seleksi CPNS. Agar dapat melalui tes tersebut dengan baik, alangkah baiknya kita dapat mempersiapkan diri sedini mungkin. Nah, hal apa saja yang harus kita persiapkan sebelum mengikuti Seleksi Kemampuan Dasar CPNS tersebut.

1. Kita harus mempelajari terlebih dahulu bagaimana mengikuti SKD CPNS dengan menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test). Hal ini dilakukan agar disaat melaksanakan tes, kita tidak canggung akan penggunaan aplikasi SKD berbasis komputer tersebut. Untuk latihan penggunaannya, situs resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN) sudah menyediakan aplikasi simulasi SKD CAT tersebut, kita bisa berlatih dan melakukan simulasi tes dengan aplikasi tersebut. Silakan kunjungi link berikut : http://cat.bkn.go.id/

2. Mengetahui materi yang akan kita bahas. Seleksi kompetensi dasar Calon Pegawai Negeri Sipil dikelompokan menjadi 3 materi, diantaranya: Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi. Tiap kelompok materi tersebut memiliki nilai ambang batas (passing grade) yang harus kita capai agar bisa lulus SKD. Passing Grade untuk seleksi CPNS Tahun 2017 adalah 143 untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP), 80 untuk Intelegensi Umum (TIU) dan 75 untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Syarat pertama untuk lulus, nilai kita harus sampai pada passing grade yang ditentukan. Baru nantinya diurutkan dari nilai yang tertinggi.

3. Dalam mengerjakan tes alangkah baiknya terlebih dahulu mengerjakan Tes Karakteristik Pribadi (TKP), karena tes TKP membutuhkan kosentrasi penuh, tidak menguras pikiran dan tidak membutuhkan waktu lama. Kenapa dianjurkan diawal ?, karena disaat pertama melaksanakan ujian kita masih dalam keadaan fresh, dan dalam kondisi kosentrasi yang baik, biasanya soal TKP tersebut dari nomor 66 s.d 100. Setelah menyelesaikan TKP barulah dilanjutkan dengan TWK dan TIU (biasanya dari nomor 1 s.d 65). Sebaiknya, disaat kita terbentur dengan satu soal, lebih baik ditinggalkan saja, jangan terlalu fokus untuk menyelesaikan soal tersebut, karena hal itu akan menghabiskan banyak waktu. Tenang saja, kita akan dapat kembali mengerjakan soal yang telah tinggalkan atau dilewati. Semua soal berjumlah 100 dan kita harus dapat menyelesaikan soal tersebut dalam waktu 90 menit. Makanya kita dituntut untuk dapat memanfaatkan waktu semaksimal mungkin.

4. Mempersiapkan fisik dan mental. Sebelum mengikuti ujian kita harus memperhatikan kesehatan dan jangan lupa makan terlebih dahulu, karena ini akan mempengaruhi ketenangan dalam menghadapi ujian.

5. Datang tepat waktu dan tidak tergesa gesa. Disarankan untuk datang lebih cepat ke tempat ujian, minimal 1 jam sebelum ujian dimulai. Biasanya kita diharuskan untuk melakukan registrasi terlebih dahulu. Jika kita datang lebih awal, hal ini akan membuat kita lebih tenang, lebih releks, dan tidak tergesa-gesa dalam melaksanakan ujian SKD.

6. Berdo\'a sebelum melaksanakan ujian. Nah, ini hal yang paling penting. Sebelum melaksanakan ujian berdo’a lah terlebih dahulu, ini akan membuat kita semakin percaya diri , dan tidak cemas atau gugup. Karena setiap keberhasilan kita tidak terlepas dari pertolongan sang pencipta, Alllah SWT.

Demikianlah kiat-kiat sukses Seleksi Kemampuan Dasar CPNS yang dapat kami share. Semoga bermanfaat untuk teman semua dan sukses salalu. (fh)

Share on:

AKUN BELANJA DI MEDIA SOSIAL
riri.rumaisha.tasbranded riri.raisya.gallery riri.raisya.gallery2